Cari Blog Ini

Kamis, 11 Juli 2019

Radio Yes FM Cilacap Peduli pada Gerakan Literasi



Assalamu'alaikum, apa kabar sahabat kopidarigita? Semoga kita semua selalu dalam kondisi terbaik untuk beraktivitas positif, yha. Aamiin.

Hari Sabtu, 6 Juli 2019 lalu, radio Yes FM Cilacap mengudarakan edisi perdana program terbarunya: Suara Literasi dari jam 9-10 pagi. Program ini bertujuan untuk mendukung gerakan literasi di Cilacap dan mengapresiasi karya-karya para pegiat literasi. Acaranya dikemas dalam bentuk dialog interaktif yang santai, serta membuka keran tanya jawab dari pendengar kepada narasumber.

Saya mendapat kehormatan untuk tampil di edisi pertama tersebut, selaku penulis dan blogger. Selain saya, telah diundang juga pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Cilacap, serta Toko Gramedia Cilacap; masing-masing diwakili oleh Pak Budi Setyono, pustakawan berprestasi, dan Mbak Mahayanti, Head Outlet Gramedia Cilacap. Dipandu Mas Sandy sang penyiar, kami memperbincangkan literasi dari sudut pandang Arpusda, toko, dan penulis. Sungguh luar biasa.

Dari ki-ka: saya, mbak Yanti, Mas Sandy, Pak Budi. Dok. Sandy

Tapi sebenarnya saya grogi, lho! Iya, saya biasa berada di balik layar, berkutat dengan kata-kata. Eh, tiba-tiba berada di balik mikropon dan didengar banyak orang. 🙈. Untunglah suara saya cukup merdu. *Hahaha!* Sahabat bisa melihat cuplikan siaran kami di tautan ini: rekaman siaran suara literasi.

Baca juga: Geliat Pegiat Literasi Cilacap.

Usai siaran, saya sempat melakukan wawancara mini dengan Mas Sandy, perihal radio Yes FM ini. Ya, kan saya penasaran ingin tahu profil radio keren ini. Apalagi saat Mas Sandy menyebut usia stasiun radio ini sebentar lagi 41 tahun! Sahabat sekalian so pasti sama penasarannya dengan saya, kan? Yuk, simak terus.

Sejarah Singkat Radio Yes FM Cilacap


Profil Yes FM. Sumber: Google

PT. Radio Swara Yasfi Indah adalah nama perusahaan yang menaungi radio ini. Radio Yasfi, itulah namanya semula, resmi beroperasi pada tanggal 10 Oktober 1978 sebagai radio swasta pertama di Cilacap. Kantor pertamanya berada di Jl. Kalimantan, dan masih memakai frekuensi AM.

Tahun 1992 kantornya pindah ke Kawasan Industri. Lalu dua tahun berselang radio Yasfi mulai memakai frekuensi 103, 35 FM.

Mereka semakin mendapat penggemar setia, hingga nama 'Yasfi' dirasa perlu diganti. "Kalau orang Sunda sering terpeleset menyebut 'Yaspi'," urai Mas Sandy.

Di tahun 2005 manajemen akhirnya memutuskan nama baru, yaitu Yes FM dengan tagline: Kebanggaan Cilacap, sekaligus pergeseran frekuensi menjadi 104, 2 FM. Kedua hal itu bertahan hingga sekarang.

Pada tahun 2008, sekali lagi radio Yes FM pindah alamat. Kali ini mereka pindah ke Jl. MT. Haryono, berseberangan dengan Komplek Pertamina/Komperta Donan. Lalu menyusul diversifikasi usaha, bangunan tersebut dibagi 2 lokal. Ruangan yang lebih lebar digunakan sebagai toko retail berbasis kemitraan. Sedangkan sisanya dipergunakan untuk stasiun radio hingga kini.

Kantor dan studio Yes FM Cilacap.


Program-program Radio Yes FM Cilacap

Siaran radio berlangsung sejak pagi hingga malam. Sementara acara-acara yang mereka jalankan dibagi 3 kelompok: reguler, Sabtu, dan Minggu. Ini dia susunannya:

1. Hari Senin-Jumat/Reguler
MQ pagi*, semangat pagi, beranda keluarga, yes talkshow, Gendu2 Rasa, Digoda Pantun, Cilacap Hari ini, Kajian Islam, Salam Sahabat, Goyang Gayeng;

(Keterangan: program MQ Pagi merupakan siaran relay dari MQ FM Bandung, tiap jam 5-6 pagi).

2. Hari Sabtu
Semangat Pagi, Salam Literasi*, YeSinema**, Gita Nostalgia, Kidung Pasundan, Goyang Tarling, Pesan Sang Dai (Zainuddin MZ), Gudril Banyumasan, Wayang Kulit;

 (Keterangan: * dan ** adalah program terbaru)

3. Hari Minggu
MQ Pagi, Dunia Anak, 100% Iwan Fals, Keroncong Kita, Dasa Tembang Jawara, Minggu Mandarin, 1 jam bersama, Rock Indo, Share & Relax.

Membicarakan radio dan programnya tentu tak lengkap tanpa sang penyiarnya. Sosok di balik ruang siar yang setiap hari menyapa pendengar setia. Saya pun menyempatkan untuk sedikit mengulik profil Mas Sandy.

Pria asli Bumiayu kelahiran tahun 1981 ini mengakui nama aslinya ialah Slamet Riyadi. Ia mengawali karirnya di radio Bumiayu Swara Indah pada tahun 2001. Dua tahun kemudian saat radio Yasfi Cilacap membuka lowongan kerja sebagai penyiar, ia ikut melamar dan bersaing dengan +/- 50 orang lainnya. Ajaib, ia satu-satunya yang diterima.

"Ternyata dari semua pelamar, cuma saya yang (berinisiatif) menyertakan kaset berisi rekaman suara," terang Mas Sandy perihal keajaiban itu. Hmm, pantaslah diterima. Karena apa yang dulu dilakukannya mengisyaratkan keseriusan bekerja, serta sisi kreativitas yang diperlukan di bidang penyiaran. Begitulah kata batin saya dengan sok tahu.

Di Cilacap inilah Mas Sandy menemukan belahan jiwanya, Titis Tri Hapsari. Ia lalu menikah pada tanggal 26 September 2009. Kini ia dan istrinya dikaruniai 2 orang anak berusia 9 dan 4 tahun.

Mas Sandy dan keluarganya. Foto: profil WA


Ia sempat memutuskan off dari Yes FM di tahun 2016. Kemudian pria ini bergabung dengan sebagai kontributor berita di RRI Purwokerto-Banyumas. Tetapi tak lama kemudian, tepatnya di tahun 2018 ia kembali ke radio Yes FM Cilacap. Kali ini ia memegang posisi sebagai station manager. Sedangkan posisinya di RRI Purwokerto tak berubah, masih sebagai kontributor.

Selama belasan tahun menjadi 'orang radio' tentulah ada suka dan duka yang dialami Mas Sandy. Yang paling diingatnya sebagai masa duka adalah saat-saat menjadi penyiar baru di Yasfi Cilacap.

"Saya waktu itu masih culun, grogi ketika on air. Bahkan pernah juga ditelpon Bos supaya turun dari ruang siar. Katanya siaran saya jelek banget!" kenangnya. "Tapi bagaimanapun karrna profesi penyiar memang sesuai passion, ya saya bisa melewati semua dengan rasa suka yang lebih besar!"

Nah, kan, Sahabat, sekali lagi passion alias hasrat berbicara banyak jika menyangkut pilihan pekerjaan. Apapun rintangan insyaallah bakal terasa ringan atau bisa dihadapi dengan enjoy, asalkan sejak semula selaras dengan pilihan hati. *Tsssaah!* Saya setuju ini. 😄.

Demikianlah cerita saya kali ini. Semoga ada manfaatnya, entah banyak, entah sedikit, bagi pembaca. Salam literasi! (*)


Keterangan:
Instagram radio Yes FM: @yesradiocilacap
Facebook: Yes Radio Cilacap.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar