Cari Blog Ini

Rabu, 29 April 2020

10 Aplikasi Android Versi Saya yang Membantu Melewati Masa Pandemi



Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Tidak bisa kita pungkiri, di masa pandemi seperti sekarang ini, keberadaan ponsel android telah menjadi kebutuhan banyak orang. Dan jangan lupakan kuota internetnya. Sebab ponsel android tanpa paket data yang "on", bagaikan gambar bakso di kala lapar; cuman bikin mupeng thok. 🙄

Omong-omong, meskipun pekerjaan utama saya "cuman" Emak 3 anak di rumah yang sedikit-sedikit nyambi menulis, tapi ternyata saya juga tak bisa lepas dari android ini. Saya tetap perlu menguprek aplikasi-aplikasi yang sekiranya bisa memberi kemudahan, kelancaran, dan kenyamanan bekerja.

Berdasarkan pengalaman selama ini, saya punya 10 aplikasi android favorit, yang bisa membantu melewati masa pandemi. Apa sajakah itu?

1. WhatsApp Messenger


Siapa yang tak kenal aplikasi perpesanan instan dari grup Facebook ini? Saya kira nyaris semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa, sudah akrab dengannya. Siapapun pemilik ponsel android bisa mendaftar ke aplikasi ini, asalkan punya nomer telepon. 

Bahkan WhatsApp Messenger kini jamak digunakan pihak sekolah, untuk memantau, mengirim, menerima, tugas-tugas yang diberikan pada para siswa. 

2. WPS Office 


Kalau Sobat akrab dengan Microsoft Office pada PC, maka android punya WPS Office. Aplikasi pengolah kata ini memiliki fungsi setara word, Excel, dan powerpoint. Bahkan ia bisa membaca file pdf (pdf reader), pun mengirim email. Pilihan font-nya beragam, hanya saja untuk font tertentu kita perlu menggunakan WPS versi premium.

3. Snapseed 


Demi mengisi blog, saya memerlukan konten foto atau ilustrasi yang sesuai. Sayangnya, aplikasi editor foto bawaan ponsel saya kurang mendukung keinginan tersebut. Syukurlah ada Snapseed, aplikasi editor foto yang cukup memadai. Saya bisa mengedit foto, hingga menambahkan teks yang dibutuhkan, sebelum diunggah ke blog. 

4. Google Drive 


Aplikasi ini menjawab kebutuhan kita akan penyimpanan data yang besar, relatif aman, dan mudah dipindahkan via internet. Kita pun bisa mengunduh, atau mencetak langsung file-file yang tersimpan di Google Drive. 

Kini WhatsApp Messenger pun telah menyediakan opsi pencadangan pesanke akun Google Drive si pengguna. Dan untuk mengakses Drive ini, kita hanya perlu mempunyai akun Gmail.

5. Google Mail 


Ini dia aplikasi buatan Google yang kondangnya mengalahkan Yahoo Mail lama berselang. Google Mail alias Gmail kerap saya gunakan untuk berkirim surat elektronik, membuat akun blogger, atau mendaftar ke aplikasi pihak ketiga lainnya. Kapasitas penyimpanan Gmail lumayan besar, sehingga pengguna (gratisan) macam saya nggak perlu khawatir kehabisan "space".

6. Facebook 


Yuhuu! Ini aplikasi media sosial nomer satu di dunia, bukan? Saya telah menjadi penggunanya sejak tahun 2009. Selama ini banyak manfaat yang saya dapatkan dari Facebook, mulai dari menjalin persahabatan di dunia maya, belajar ilmu kepenulisan, hingga berdagang secara online. 

Di masa kini, bahkan akun Facebook seseorang bisa dijadikan bahan pertimbangan merekrut pegawai, atau mitra kerja, lho! Lewat apanya? Tentu saja lewat isi postingan yang bersangkutan. Makanya pepatah kontemporer bilang, jarimu harimaumu. Sing ati-ati nek nulis status, Lur!

7. Instagram 


Ini pun aplikasi media sosial favorit banyak orang. Menurut saya tak hanya buat pamer foto atau video, tapi kita pun bisa mendapatkan aneka informasi menarik, dari yang ringan hingga berat.

8. YouTube  


Kalian yang gemar menonton pasti tak asing dengan aplikasi ini. Aneka Chanel menyajikan ragam informasi audio-visual sesuai kebutuhan kita. Untuk Sobat yang ingin mendapat penghasilan, kalian bisa mengunggah konten-konten kreatif yang berpeluang mendatangkan uang  dari YouTube.

9. Ipusnas 

Kalian hobi baca, tapi koleksi buku-buku bacaan terbatas, dan tidak punya bujet beli buku baru? Jangan sedih dulu. Ada baiknya kalian mengunduh aplikasi ipusnas. 

Di sini kalian bisa meminjam secara daring ribuan judul buku, mulai dari fiksi hingga non-fiksi, buku anak hingga dewasa. Asyik, kan?

10. Viu


Penggemar film atau drama pasti betah mantengin Viu.  Ragam pilihan judul, mau yang udah tamat maupun masih "on going", ada di sini. Ssssttt! Termasuk Drakor yang sedang "in" dan bikin gelud di medsos itu, looh.... 😆


Adakah aplikasi favorit Sobat juga pada daftar di atas? Atau ada yang lain? Yuk, berbagi di kolom komentar. Terima kasih. (*)

Cilacap, 290420

#Day10
#BPNRamadan2020



Tidak ada komentar:

Posting Komentar