Cari Blog Ini

Sabtu, 25 April 2020

Kepompong Ramadhan

Kepompong| Pixabay


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdullilah,  sebagai seorang muslim saya merasa amat bersyukur masih bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun ini. Saya yakin rasa yang sama dialami oleh jutaan kaum muslimin di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Di tengah himpitan ketidakmenentuan situasi pandemi, Ramadhan bak oase. Ada berlimpah kebaikan, pahala yang dijanjikan Allah SWT, bagi hamba-hamba-Nya yang mau. No matter what.

Iya, sih, memang banyak perbedaan suasana antara Ramadhan tahun sebelumnya dengan tahun ini. Coba yuk, kita list:

- Tidak ada tarawih berjamaah di masjid;
- No tadarusan bareng kayak biasanya;
- Nggak ada kultum-kultum bada isya atau subuh;
- Bukber bersama di luar rumah ditiadakan;
- Ngabuburit sepi;
- Nggak ada petasan banting dinyalakan.
Ada lagi yang kelewat? Sobat tambahin sendiri, yaa. 😄

Gara-gara si kopidnentin, sih! Pasti itu dalih kebanyakan orang. Namun coba kita merenung sebentar, Sobat. Kita lihat masalah ini dari sisi lain, masa nggak ada manfaat yang bisa diambil? Kan, katanya semua hal di dunia punya dua sisi berlawanan. Kalau ada sisi nyebelin, pasti ada sisi nyenengin juga.

Kalau menurut hemat saya, nih, ya, sekarang adalah waktunya kita memperbaiki kualitas diri sebagus mungkin. Loh, kok?

Mari ngaku, selama ini Ramadhan kita berjalan hanya di kulit luar saja bukan? Kita rame-rame ke masjid tarawihan, tadarusan, tiap hari ngabuburit, mengeluarkan lebih banyak duit demi takjilan di rumah, belanja ini-itu untuk persiapan lebaran (padahal puasanya aja baru mulai seperempat jalan). Habis itu tinggal capeknya yang terasa. Kita balik lagi ke habit sehari-hari, seolah Ramadhan nggak kasih pelajaran ruhani apa pun. Bener nggak, Sobat? Eh, maaf, mbak Gita aja kaleee yang kayak gitu. 😜 Hmm....

Maka seperti saya sebut di atas, justru Ramadhan tahun ini adalah kesempatan memperbaiki kualitas diri. Saatnya kita menjadi kepompong. Sebagaimana perjuangan seekor ulat yang ingin bermetamorfosis menjadi kupu-kupu cantik, ia kudu rela tapa brata; membungkus dirinya dalam kepompong selama sekian hari, menahan diri dari nafsu. Hingga kelak pada masanya, dengan penuh kebanggaan ia keluar dari kepompong sebagai makhluk yang lebih indah.
Demikian pula harapannya bagi diri kita.

Kita perbagus kualitas ibadah di rumah Eratkan komunikasi dengan anak-anak, pasangan, atau orangtua. Ajak anggota keluarga kita mengisi waktu dengan amalan rumah, misal mengkaji buku-buku, menghapal Al Qur'an, shalat tarawih berjamaah, dll.  Saya teringat seorang teman yang mengunggah status terkait hal ini. Begini bunyinya:


Statusnya inspiratif, apalagi karena dia pun seorang ayah. 😁

Jadi bagaimana, Sobat? Jangan gabut lagi, ya. Menjadi kepompong Ramadhan? Kenapa tidak? (*)

Cilacap, 240420

#Day5
#BPN30DayRamadan2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar