Kamis, 23 April 2020

Sudah Jatuh Masa Harus Ditimpa Tetangga Pula?

'All Against One. Pixabay

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Sobat, tulisan saya ini masih melanjutkan topik seputar Covid-19, yaa.

Pernahkah kalian terpikir, ketika seseorang dinyatakan berstatus ODP (Orang Dalam Pengawasan), atau bahkan telah menjadi PDP (Pasien Dalam Pengawasan) akibat (diduga) terpapar Corona, apa yang terjadi terhadap keluarganya di rumah? Jika kalian ingin tahu, Sob, mereka dikucilkan warga sekitar. 😥

Ya, mereka dipandang sebagai pembawa wabah yang wajib dijauhi. Banyak juga yang menggunjing, menyalahkan status mereka, bahkan di tingkat ekstrim mereka menghadapi ancaman pengusiran dari rumah. Coba bayangkan sejenak; semenjak salah seorang anggota keluarga dinyatakan sebagai ODP/PDP, maka anggota keluarga lainnya wajib menjalani rapid test, lalu isolasi mandiri minimal 14 hari, otomatis kegiatan ekonominya terhenti, akibatnya stok pangan mereka pun nyaris nggak ada. Dalam kondisi begitu, mereka jelas butuh dibantu oleh lingkungan sekitar, bukan?

Bukan salah mereka sepenuhnya sehingga ikut terpapar virus. Lagipula belum tentu juga mereka positif terjangkit Corona. Mengapa warga mesti memberi sanksi sosial? Waspada boleh, panik jangan. Justru dukungan moril dan materil yang seharusnya warga sekitar berikan pada orang-orang ini.

Salah satu adik saya pernah mengalami baru-baru ini. Ceritanya, Adik nggak sengaja melakukan kontak fisik dengan orang yang mengalami gejala terkena Corona. Ketika orang yang sakit itu betulan menjadi PDP dan masuk ruang isolasi di Rumkit, Adik kena konsekuensinya. Atas sepengetahuan pihak RT-nya, adik saya menjalani isolasi mandiri di lantai dua rumahnya. Dia dilarang kontak fisik dengan anak-istrinya yang tinggal di lantai satu. Otomatis adik saya berhenti cari nafkah sementara waktu.

Nah, keluarganya memang kemudian mendapat bantuan sembako dari RT. Namun tetangga kanan-kiri menggunjingi, menyalahkan Adik, dan menganggap keluarganya seperti monster yang harus dijauhi. Jadi bukan dukungan moril yang mereka terima, melainkan beban pikiran dan perasaan. Akibatnya Adik dan istrinya malah bertengkar sendiri, lalai untuk saling menguatkan.

Syukurlah keadaan mereka kini berangsur normal kembali, setelah Adik selesai menjalani karantina mandiri, dan hasilnya negatif. Tapi yang pernah mereka alami pasti mengguratkan trauma.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Warga Cilacap Jelang Ramadhan Tahun Ini

Pandemi Corona ini janganlah mengikis semangat persaudaraan, rasa peduli pada sesama, dan empati kita. Kepada siapa pun. Sobat setuju?(*)

Cilacap, 220420

#Day3
#BPNRamadanDay2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar