Cari Blog Ini

Jumat, 08 Mei 2020

Ide Kegiatan di Bulan Ramadhan



Img. Pixabay


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tanpa terasa kita telah menjalani separuh bulan Ramadhan, ya, Sobat.
Apa kegiatan kalian selama ini? Masa-masa selama #dirumahsaja seperti sekarang, paling pas jika kita pakai untuk mengisi ulang ruhani. Sebab ruhani yang sehat, akan mendatangkan ketenangan jiwa, dan kesehatan tubuh.

Untuk itu saya ingin berbagi beberapa ide kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah selama Ramadhan. Yaitu:

1. Membaca buku-buku kajian agama

Ada banyak macam kitab/buku yang bisa menambah ilmu pengetahuan kita, buah karya para ulama yang wara'. Misal: buku Fiqih Islam, Hadits Sahih Bukhari, Fadhilah Amal, Fadhilah Sedekah. 

Luangkan waktu khusus untuk membaca-baca kitab semacam ini, misal setelah Zuhur. Tujuannya agar kita bisa maksimal memetik manfaatnya.

2. Meningkatkan bacaan Al-Quran 

Keutamaan membaca Al Qur'an banyak disebutkan dalam berbagai hadis sahih. Antara lain:

Dari Utsman r.a beliau berkata, bersabda Rasulullah s.a.w., "Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya."

Jadi mumpung kini bulan mulia, di mana semua amalan dilipatgandakan pahalanya, kita bisa menambah bacaan Al-Quran kita. Umpama di hari-hari biasa kita hanya membaca dua lembar setiap usai Magrib, maka kita tinggal  menambah lebih banyak lagi usai tiap shalat fardhu.

3. Menambah hafalan surat pendek

Selain membaca Al-Quran, tak ada salahnya kita berusaha menambah hafalan kita terhadap surah-surah di dalamnya. Kita bisa memulainya dari surat-surat di juz ke 30/juz amma, yang relatif pendek-pendek ayatnya. Sehingga bacaan shalat kita tidak melulu surat 3 Qul saja, bukan? (Qulhu, Qul Falaq, Qul nas).

4. Shalat Tarawih berjamaah bersama keluarga 

Tahun ini benar-benar tahun spesial bagi kebersamaan dalam keluarga. Termasuk perihal beribadah pun bisa kita lakukan bersama anggota keluarga. Si Ayah menjadi imam, si ibu, serta anak-anak makmumnya. Sungguh syahdu rasanya, bukan?
Hitung-hitung ini saat yang tepat bagi para ayah melongok kemampuan membaca Al-Quran, ya.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat, Sobat. (*)

Cilacap, 070520 (late post)

#Day18
#BPNRamadan2020






Tidak ada komentar:

Posting Komentar