Cari Blog Ini

Selasa, 19 Mei 2020

Melatih Empati Anak-anak Terhadap Binatang




Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya amat bersyukur saat ini tinggal di rumah yang memiliki pekarangan belakang cukup luas. Sehingga kami bisa memanfaatkannya untuk menanam aneka tanaman, mulai dari toga, pohon alpukat, hingga beberapa jenis  tanaman konsumsi.

Selain aneka tumbuhan, pekarangan belakang kami pun menjadi tempat tinggal atau sekadar mampir sejumlah binatang. Sebut saja: burung emprit, burung dara, tawon, kupu-kupu, kepik, bunglon, kadal, bekicot, sirpoh, belalang, laba-laba, kelabang, lipan, tikus, kecoa, kucing, hingga semut.
Mirip kebun binatang, deh. 😆

Anak-anak kami biasa bermain di sini. Entah sekadar main panjat pohon, main tambang pasir, hingga gelar tikar lalu piknik-piknikan. Terkadang di waktu tertentu kami serumah kerja bakti sesuai kemampuan masing-masing, membersihkan pekarangan belakang.

Pada momen bermain atau bekerja inilah anak-anak berkesempatan berinteraksi dengan para binatang. Kami pun bisa mengajari mereka berbagai hal tentang binatang tersebut; misal: karakteristik, makanan, tempat hidup, jenis hama atau bukan.

Anak belalang sembah. Dokpri.

Bunglon di pohon alpukat. Dokpri.

Melalui para binatang ini juga kami melatih empati anak-anak. Binatang sebagai makhluk Allah, memerlukan perhatian dan kasih sayang kita. Kita tidak boleh berbuat sewenang-wenang, menyiksa, atau merampas hak hidup mereka; terkecuali binatang tertentu yang membahayakan keselamatan manusia.

Suatu kali si sulung Farhan menemukan bayi burung, di salah satu tumpukan terpal tak terpakai di halaman belakang. Ia lalu melaporkan pada saya dan si Abi. Adik-adiknya antusias ikut menonton. Setelah kami periksa bersama, rupanya bayi burung itu entah bagaimana terjatuh dari sarang. Kasihan sekali.

Si Abi lalu menyuruh saya membuatkan sarang buatan. Bayi itu kami letakkan di dalam piti (wadah nasi) plastik, yang dialasi kain. Setelah itu ia kami beri makanan berupa tepung beras yang diencerkan sedikit, serta air minum.

Bayi burung disuapi menggunakan potongan kayu tipis. Dokpri.

Pengalaman ini sungguh berharga. Anak-anak kami melihat  dan memperhatikan sendiri semua prosesnya. Meskipun pada akhirnya si bayi burung tak bertahan hidup lama. Paling tidak kami telah berusaha menyelamatkannya. Dan mudah-mudahan anak-anak kami tumbuh dengan rasa empati yang tinggi terhadap binatang.

Demikianlah cerita Ramadhan kami.
Semoga bermanfaat. (*)

Cilacap, 18-190520

#Day29
#BPNRamadan2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar