Cari Blog Ini

Jumat, 01 Mei 2020

Meningkatkan Keterampilan Mumpung Sedang #diRumahSaja


Img. Pixabay

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Halo, Sobat! Meskipun kita sedang #dirumahsaja, bukan berarti kita jadi mager, ya kan? Selalu ada cara meningkatkan kualitas diri, menyesuaikan kondisi yang menimpa saat ini. Asalkan ada kemauan serius dari kita sendiri.

Menurut saya pribadi, ada beberapa keterampilan yang bisa kita pelajari atau tingkatkan selama masa pandemi ini. Nggak percaya? Coba lihat daftar di bawah ini, yuk!

  1. Menjahit 



Kita sama-sama tahu betapa vital peran masker sebagai langkah pengamanan diri dari penyebaran virus. Saking pentingnya sampai-sampai sempat terjadi kelangkaan masker di apotik-apotik maupun minimarket. Jika pun ada harganya berubah lebih tinggi. Penyebab utama tentu akibat hukum pasar: permintaan melonjak, barang habis diborong, harga naik.

Eh, siapa sangka kondisi ini menciptakan peluang bagi masker berbahan kain. Meskipun tidak seaman masker sekali pakai, paling tidak cukup memadai untuk dipakai keluar rumah sebentar. 

Maka bermunculanlah penjahit dadakan yang khusus memproduksi masker kain. Mereka pun mendapat laba lumayan, sebagai tambahan penghasilan di masa pandemi ini.

Kisah di atas membuka mata kita, betapa berharganya keterampilan menjahit. Tak punya mesin jahit? Jangan menyerah. Kita masih bisa belajar menjahit dengan tangan biasa.

Tutorialnya? Banyak loh di channel-channel YouTube. Manfaatkan kuota kita.


2. Memasak 




Ayo, seseruan uprek di dapur, Sobat! Kita coba praktekkan resep-resep mulai dari yang praktis, dan gampang didapatkan bahan-bahannya. Minimal menyenangkan diri sendiri, dan keluarga. Syukur-syukur apabila bisa jadi ladang rejeki baru. Ya, nggak?

Dapat resep dari mana? Woh, banyak! Di Instagram, YouTube, atau Facebook. Jangan malas, itu syaratnya.


3. Menulis Kreatif






Banyak pelatihan menulis yang kini diselenggarakan secara daring. Sobat yang suka menulis tinggal memilih mau ikut yang mana. Ilmu-ilmu yang nanti kita dapatkan tentu bisa meningkatkan Keterampilan menulis kreatif. Selanjutnya bisa diaplikasikan gua membuat cerpen, skenario, novel, atau blogging. 


4. Mengatur Keuangan





Mengelola keuangan pun ternyata tidak asal-asalan, lho! Ada ilmunya, tips dan trik tertentu, ada seninya. Mumpung sedang di rumah saja, kita bisa mencari tahu lebih banyak via web maupun akun media sosial para konsultan ekonomi. 

Tujuannya, setelah pandemi ini usai kita bisa lebih bijak mengelola keuangan rumah tangga, ataupun bisnis. Kedengarannya keren, kan? 



5. Mengelola Emosi




 Keterampilan yang terakhir ini amat berguna demi menghindari stress. Ketika keadaan ekonomi jatuh, anak-anak rewel, tidak ada kepastian kapan pandemi berakhir, maka berikutnya kesehatan mental kita terancam pula.

Cara menangkalnya hanyalah bijak mengelola emosi. Selain itu, memperbanyak ibadah pun bisa mendatangkan ketenangan jiwa. Sembari meyakini bahwasannya sesudah kesulitan ada kemudahan.


Demikianlah beberapa keterampilan yang bisa kita tingkatkan di rumah. Mungkin Sobat punya pendapat lain? Feel free for sharing, ya. (*)

Cilacap, 300420


#Day11
#BPNRamadan2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar