Cari Blog Ini

Sabtu, 02 Mei 2020

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Bekerja dari Rumah


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Gimana kondisi Sobat sekarang? Saya harap tetap survive, meskipun kita sedang dibatasi ruang geraknya. Insyaallah wabah ini akan segera berakhir. Aamiin.

Agar aktivitas bekerja dari rumah berjalan lancar, kita memerlukan bantuan  peralatan yang memadai. Walaupun bukan yang utama, alias sebagai pendukung saja, tapi peranannya dapat memperlancar pekerjaan.

Menurut hemat saya, inilah beberapa peralatan yang dibutuhkan tersebut:

1. Gawai dan paket data


Pixabay

Dengan bantuan gawai kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, editing foto/video, terima/kirim email, dan komunikasi. Jangan lupakan pula unsur hiburan yang dibawa oleh gawai, membuat kita tetap berpikir positif dan waras tentunya.

2. Alat-alat pertukangan mendasar


Pixabay


Apa jadinya jika pompa air kita bocor, atau engsel pintu copot, sedangk kita sedang dalam kondisi tidak memungkinkan untuk memanggil tukang? Jawabannya: servis sendiri, dong.

Di situlah perlunya punya obeng, tang, palu, aneka jenis paku, seal tape, meteran, dkk. Kita bisa memperbaiki langsung kerusakan tersebut, supaya tidak berlarat-larat menjadi masalah besar.


3. Alat-alat berkebun 


Jika Sobat memutuskan menanam sendiri beberapa jenis sayuran, atau tanaman bumbu, baik sebagai stok pangan maupun sebagai usaha baru, maka Sobat jelas perlu memiliki alat-alatnya. Sebut saja di antaranya: sekop kecil, linggis, pacul, garu, selang air.

Kami pun memberdayakan lahan di pekarangan belakang rumah, dengan menanam beberapa jenis tanaman yang bisa dikonsumsi. Hasilnya Alhamdulillah sangat lumayan. Setidaknya ketika uang belanja dapur amat menipis, masih ada bahan sayuran dari kebun sendiri. 


4. Peralatan memasak/membuat roti


Bagi Sobat yang usahanya di bidang makanan, tentu saja wajib memiliki peralatan yang  memadai. Di luar perkakas dapur secara umum perlu juga ditambahkan: mixer, blender, alat pembuat kulit molen, loyang kue, dan sebagainya. 


Itulah 4 peralatan yang menurut saya dibutuhkan untuk bekerja dari rumah. Bagaimana menurut Sobat? (*)

Cilacap, 010520

#Day12
#BPNRamadan2020




Tidak ada komentar:

Posting Komentar