Cari Blog Ini

Minggu, 17 Mei 2020

Sebelum Ramadhan Ini Berakhir





Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kita telah berada di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Itu berarti sebentar lagi kita akan ditinggalkan bulan mulia ini, kembali pada rutinitas biasanya. Sedih? Tentu. Tetapi Allah dengan segala kasih sayang-Nya kepada umat Nabi Muhammad, menjanjikan satu  bonus istimewa. Ialah malam Lailatul Qadar.

Malam ini mempunyai banyak keberatan dan kebaikan. Dalam ayat suci Al-Quran disebutkan bahwa ia lebih utama daripada seribu bulan; atau setara 83 tahun 4 bulan. Bayangkan berapa banyak pahala yang bisa diraih seseorang jika dia beribadah terus-menerus selama itu. Namun waktu sepanjang itu Allah ringkas bagi kita menjadi hanya satu malam saja. Betapa beruntungnya umat Nabi Muhammad!

Diriwayatkan dari Anas r.a., dia berkata, "Ketika Ramadhan telah masuk maka Rasulullah s.a.w. bersabda, 'Sesungguhnya bulan ini telah datang kepadamu, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa terhalang tidak mendapatkannya, sesungguhnya ia terhalang dari mendapatkan kebaikan seluruhnya dan tidaklah terhalang untuk mendapatkan kebaikan melainkan orang yang sial.'" (H.R Ibnu Majah).

Kapankah malam Lailatul Qadar tiba?


Di beberapa hadits diterangkan, bahwasannya Rasulullah s.a.w. menyebutkan kedatangan Lailatul Qadar ialah pada satu malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

Apa yang seharusnya kita perbuat pada malam itu?


Perbanyak beribadah. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya i'tikaf di masjid bisa dilakukan guna menggiatkan amalan di sepuluh malam terakhir, maka tahun ini kita melakukannya di rumah masing-masing. Bacalah Al-Quran, berzikir sebanyak-banyaknya, dan berdoa memohon ampunan Allah serta doa-doa lainnya.

Ada satu doa utama yang diajarkan Rasulullah s.a.w.: 

Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii 
 
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Ampunan dan Maha Pemurah, Engkau senang memberikan ampunan, maka ampunilah aku
 
(H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)."

( sumber : diaryummiadah19nk.blogspot.com)


Demikianlah yang bisa kita lakukan sebelum Ramadhan ini benar-benar berakhir. Semoga Allah dengan limpahan kasih sayang-Nya, berkenan meridhoi, serta mengampuni dosa-dosa kita. Dan semoga kita masih bersua dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin. (*)

Cilacap, 170520

#Day28
#BPNRamadan2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar