Selasa, 28 April 2020

Tips Membuat Anak-anak Betah di Rumah



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Serasa seabad telah berlalu semenjak kebijakan School From Home, alias Sinau Nang Umah, diluncurkan oleh pemerintah atas dunia pendidikan formal kita. Bagi para orang tua (terutama kaum Emak) hal ini telah menimbulkan kegegeran tambahan. *Ayo, para Emak mana koor tanda setujunya? 😝

Apa pasal? Tentu saja karena di luar rutinitas harian, kini para Emak pun dituntut mendampingi putra-putrinya belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah. Seolah masih belum cukup, kita juga harus memastikan mereka tidak keluyuran, melainkan tetap di rumah saja.

Mungkin bagi orang dewasa relatif mudah diberi pemahaman supaya #dirumahsaja. Cukup kasih penjelasan mengenai perlunya 'social distancing', demi mencegah penyebaran virus. Namun memberi pengertian pada anak-anak agar tetap di rumah saja, dan berminggu-minggu pula? Woah, susah, Markonah!

Diperlukan tips dan trik khusus dari orangtua, agar anak-anak betah di rumah saja. Masing-masing keluarga tentu punya cara tersendiri, mengingat sikon yang berbeda-beda pula. Tetapi tak ada salahnya kita saling berbagi, bukan? Dan berikut ini adalah tips ala saya:

1. Biarkan mereka berekspresi, asalkan aman dan terkendali


Anak-anak senang bermain, bahkan di waktu belajar sekali pun. Alih-alih kita spaneng, nih, mendingan kasih mereka kebebasan bersyarat. Misal, boleh mainan lego asal dibereskan kembali; atau boleh konser-konseran yang penting rukun. Dan pastikan mereka mematuhi  S dan K dari kita.


Formasi band keluarga


Konser kamar

2. Sediakan buku-buku bacaan anak


Kebetulan sekali, dan saya bersyukur karenanya, anak-anak saya senang membaca. Setelah lelah bermain, mereka akan lari ke rak buku, mengambil buku-buku favorit masing-masing. Bahkan si bungsu Hanif punya buku kesayangan, yaitu kisah Nabil dan Naura (Seri Anak Hebat). Saya hanya perlu memastikan posisi membaca Farhan dan Hanna, agar nggak dilakukan sambil tiduran.

3. Sediakan camilan favorit


Selama masa libur begini, mulut mereka tetap ingin mengunyah snack. Jika ada dana berlebih, tak ada salahnya para Emak menyisihkan waktu demi membuat jajanan rumah, yang resepnya mudah dipraktekkan. Misal, bikin cireng, bolu kukus, puding, dsb. Atau kalau mau praktis, bisa juga beli di warung. 

Karena sekarang sedang bulan Ramadhan, camilan ini bisa disediakan saat berbuka puasa.

4. Berdoa


Kita iringi setiap ikhtiar dengan berdoa, termasuk usai berusaha membuat anak-anak betah di rumah. Semoga mereka jadi anak-anak yang patuh pada orang tua, dan tetap betah di rumah saja; semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Nah, kurang lebih itulah tips dari saya. Bagaimana dengan sobat? Sharing di kolom komentar, yuk! (*)

Cilacap, 270420

#Day8
#BPNRamadan2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar